Lezatkan harimu dengan menu istimewa....

Agar Masakan Udang Anda Lebih Sempurna, Ikuti Tips Mengolah Udang Berikut Ini!!!!


Udang adalah hewanyang hidup diderah perairan, baik sungai, danau maupun laut. Hewan yang satu ini memiliki banyak sekali kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh, seperti protein, vitamin, mineral dan lain sebagainya. Karena kandungan gizi dan rasanya yang enak, maka udang sering sekali digunakan sebagai bahan baku masakkan. Udang dapat dimasak dengan car di panggang, goreng, kukus ataupun direbus.

Tips Mengolah Udang

Walaupun terlihat mudah,namun memasak udang tidak bisa sembarangan. Jika pengolahan udang dilakukan secara tidak benar, bisa jadi tekstur udang menjadi alot dan berbau amis sehingga masakan yang dihasilkan menjadi tidak sempurna. Lalu langkah apa saja yang dapat anda lakukan dalam memilih dan mengupas udang, dan bagaimana cara mengolah udang dengan benar, sehingga udang tetap terlihat segar dan tidak berbau amis? Baca artikel ini dengan lengkap!

Memilih dan Mengupas Udang

Berikut ini beberapa tips dalam memilih dan mengupas kulit udang:
  • Pilihlah udang yang masih memiliki tekstur badan keras dan tidak lembek, sebagai tanda udang masih dalam keadaan segar.
  • Agar kulit udang mudah mengupas maka cuci udang hingga bersih. Masukkan ke dalam wadah lalu siram dengan air panas secukupnya, warna udang akan memerah, buang airnya lalu kupas kulitnya.
  • Belah punggung udang yang telah dikuliti dengan kedalaman tidak lebih dari setengah senti, lalu keluarkan kotoran yang ada di bagian punggung tersebut. Cuci udang hingga bersih dan udang siap diolah.

Pengolahan Udang

Berikut ini beberapa cara mengolah udang agar hasil masakan yang anda dapatkan menjadi lebih baik:
  • Jika udang akan diolah dengan cara direbus maka didihkan terlebih dahulu air rebusan kemudian baru masukkan udang kedalamnya. Tambahkan sedikit garam lalu rebus selama 4 menit. Agar udang tidak bau amis, anda dapat menambahkan cuka ketika merebus udang. Setelah proses perebusan selesai maka segera angkat udang dari dalam panci kemudian masukkan kedalam air dingin agar proses pemasakannya terhenti. Jika anda membiarkan udang dalam panci rebusan maka udang akan menjadi alot dan terlalu matang.
  • Jika udang dimasak dengan cara ditumis atau digoreng, maka masaklah udang dengan cepat agar rasa asli dari udang tidak berubah. Dan setelah matang segera letakkan tumisan keatas piring saji agar suhu panas dari wajan tidak membuat proses pemasakan berlanjut dan membuat udang menjadi terlalu matang. Jika anda masak udang goreng maka udang dapat anda tiriskan keatas wadah yang telah di lapisi dengan tisu agar minyak yang terdapat dalam udang meresap ke tisu.
  • Jika udang diolah dengan cara di panggang dengan alat pemanggang biasa (bukan oven), lumurilah udang dengan bumbu terlebih dahulu. Kemudian panggang. Sesekali olesi permukaan udang dengan bumbu agar tidak gosong. Panggang selama 4 hingga 5 menit.
  • Jika anda ingin membuat kaldu, sangrailah terlebih dahulu bagian kulit dan kepala udang sebelum digunakan dalam proses perebusan kaldu. Setelah disangrai rebus dengan air secukupnya lalu tambahkan sedikit garam. Masak dengan api kecil hingga air mendidih dan meyusut.
  • Dalam memasak udang sebaiknya tidak terlalu lama. Proses pemasakan yang terlalu lama akan menghilangkan rasa asli dari udang dan kandungan gizi yang terkandung didalamnya pun menjadi hilang. Selain itu proses yang terlalu lama akan membuat udang terasa keras.
  • Pengolahan udang yang dimasak dengan kulitnya akan memakan waktu sedikit lebih lama di banding memasak udang tanpa kulit. 
Dengan memperhatikan cara mengolah udang secara benar maka hasil masakan anda pasti menjadi lebih istimewa. Selain itu kandungan gizi yang terdapat didalamnya tidak akan hilang. Ada banyak jenis udang yang dijual di pasaran, anda dapat memilih jenis udang yang anda kehendaki sesuai dengan kebutuhan.

0 komentar:

Posting Komentar