Lezatkan harimu dengan menu istimewa....

Cara Membuat Jus Agar Lebih Segar


Jus merupakan minuman yang berasal dari sari buah, sayuran ataupun kombinasi keduanya. Menuman ini memiliki kandungan gizi yang sangat banyak dan sangat baik untuk kesehatan anda. Untuk mengolah buat ataupun sayuran menjadi jus sangatlah mudah, anda cukup memasukkan potongan buah atau sayur ke dalam blender kemudian haluskan.  Anda juga dapat menambahkan sedikit air agar jus anda tidak terlalu bertekstur seperti bubur.

Membuat Jus Agar Lebih Segar

Untuk mendapatkan jus yang memiliki cita rasa yang lebih segar maka pemilihan bahan jus dan penambahan bahan-bahan lainnya harus anda perhatikan. Berikut ini cara membuat jus yang dapat anda terapkan agar hasilnya menjadi lebih terasa segar:

Memilih Bahan

Pilihlah bahan – bahan yang masih segar agar kandungan gizi yang tedapat didalamnya masih terjaga. Pilihlah jenis buah-buahan yang telah masak dengan sempurna namun tidak matang berlebihan sehingga bertekstur terlalu lunak dan berbau menyengat.

Cuci Bahan

Cucilah bahan-bahan yang akan dibuat menjadi jus sebelum memulai proses pembuatan jus. Hal ini akan menghindarkan anda dari kuman bakteri dan  pestisida yang menempel.

Kombinasikan

Jika anda ingin mendapatkan jus dengan warna yang menarik, maka kombinasikan beberapa jenis buah yang memiliki warna berbeda ke dalamnya. Misalnya, anda dapat mencampur nanas yang berwarna kuning dengan stroberi yang berwarna merah dan sirsak yang berwarna putih. Anda dapat membuat jus dalam keadaan terpisah lalu memasukkannya kedalam satu gelas sehingga gradasi warna yang ditampilkan akan lebih menarik.

Tidak Asal Mencampur

Sebaiknya jangan mencampur buah yang sama-sama memiliki aroma yang menyengat. Hal ini akan membuat aroma jus anda menjadi aneh.

Mencampur Sari Jeruk

Untuk mendapatkan rasa segar, maka anda dapat mencampurkan sari jeruk kedalam jus yang sedang anda buat. Anda dapat menggunakan jeruk manis, jeruk lemon ataupun jeruk nipis. Contohnya, anda dapat memasukkan perasan jeruk manis kedalam jus wortel anda. Perpaduan antara cita rasa wortel dan jeruk akan memberikan cita rasa yang lebih enak dan segar. Selain itu aroma wortel yang kuat akan hilang dan tidak terlalu menyengat.

Masukkan Ke Dalam Kulkas

Jika anda ingin mendapatkan cita rasa yang lebih segar, maka jangan memblender es batu dan bahan jus disaat bersamaan. Membuat jus tanpa es akan membuat jus memiliki citarasa yang lebih enak. Anda dapat menyimpan jus kedalam kulkas setelah proses pembuatan. Selain dapat mendinginkan, suhu rendah juga dapat menjaga agar kandungan vitamin C pada jus tidak hilang.

Jangan Tambah Gula Atau Susu

Sebisa mungkin jangan menambahkan jus anda dengan gula ataupun susu. Namun jika bahan yang anda gunakan terlalu asam atau pahit maka anda dapat menambahkan madu kedalam jus anda. Selain dapat meberikan rasa manis, madu juga dapat menambah citarasa jus anda. Bahan lain yang dapat anda tambahkan ke dalam jus adalah yogurt. Selain menambah cita rasa, yogurt juga akan memberikan tambahan gizi pada minuman jus anda.

Tambahkan Garnish

Agar penampilan jus anda menjadi lebih menarik, maka tambahkanlah garnish daun mint, potongan buah- buahan seperti cheri, jeruk, stroberi atau kombinasi dari daun mint dan potongan buah. Anda juga dapat menggunakan sedotan berwarna warni agar tampilan jus anda menjadi lebih menarik layaknya buatan restoran.

Setelah mengikuti petunjuk cara membuat jus diatas, maka sebaiknya anda segera meminum jus anda atau segeralah simpan kedalam kulkas agar kandugan gizi nya tidak hilang. Saat yang tepat untuk minum jus adalah sebelum makan agar penyerapan gizi kedalam tubuh bisa terjadi secara maksimal.Variasikan minuman jus anda setiap harinya agar anda bisa mendapatkan beragam gizi dari berbagai jenis buah-buahan ataupun sayuran.

0 komentar:

Posting Komentar