Lezatkan harimu dengan menu istimewa....

Mata Bola

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Buah ini memiliki beragam gizi dan manfaat yang di butuhkan oleh tubuh. Pisang mengandung karbohidrat, vitamin dan beragam mineral. Buah pisang memiliki ragam jenis, salah satunya adalah pisang tanduk. Pisang jenis ini memiliki ukuran besar, mirip seperti tanduk, daging buahnya kesat, walaupun sudah matang. Pisang ini dapat diolah menjadi dengan berbagai cara, baik di goreng, direbus ataupun diolah dengan bahan lain. Salah satu jenis olahan pisang tanduk yang dapat anda coba buat adalah "Mata Bola". Hidangan ini sangat cocok untuk disantap ketika sedang bersantai bersama keluarga.

Bahan:

2 buah pisang tanduk, kukus hingga matang lalu kupas
750 gr singkong parut, peras dan buang airnya
1/2 btr kelapa setengah tua, parut
1/2 sdt vanili
150 gr gula pasir halus
Garam, secukupnya
Pewarna kue, merah dan hijau

Taburan:

1/2 butir kelapa, parut, kukus dan beri sedikit garam

Cara Membuat:

  • Campur singkong parut dengan gula pasir, kelapa parut, garam dan vanilli. Aduk hingga semua bahan tercampur rata, lalu bagi menjadi tiga bagian. Satu bagian biarkan berwana putih, satu bagian diberi warna merah dan satu bagian lainnya diberi warna hijau.
  • Siapkan daun pisang, letakkan adonan singkong lalu tipiskan dan ratakan permukaannya.
  • Letakkan pisang rebus diatasnya, kemudian gulung menyerupai lontong besar. Pastikan kalau posisi pisang rebus benar-benar berada di posisi tengah. Lakukan hingga semua bahan-bahan habis.
  • Panaskan kukusan, lalu kukusan adonan pisang yang telah berbentuk seperti lontong selama 45 menit atau hingga matang. Angkat dan dinginkan.
  • Buka bungkusannya lalu potong setebal 2 cm.
  • Taburi dengan kelapa parut. Letakkan keatas piring saji.
  • Mata bola singkong pisang siap dihidangkan.

0 komentar:

Posting Komentar