Lezatkan harimu dengan menu istimewa....

Tips Memilih dan Menyimpan Telur Dengan Benar

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang dapat disimpan dengan jangka waktu yang lama. Memasaknya sebagai lauk makan pun bisa sangat praktis karena bisa langsung digoreng ataupun direbus tanpa harus menambahkan bahan-bahan lainnya. kandungan gizi yang dimiliki oleh telur juga sangat banyak dan baik bagi kesehatan tubuh. Biasanya jenis telur yang di konsumsi adalah telur yang berasal dari unggas, seperti ayam, bebek, puyuh dan angsa.

Pemilihan dan penyimpanan telur yang tepat sangat diperlukan sehingga telur yang anda pilih benar-benar dalam kondisi bagus. Jika penanganannya dilakukan dengan tidak baik maka akan memberikan dampak negative bagi tubuh. Karena pada cangkang telur terdapat bakteri salmonella yang dapat menyebabkan keracunan dan penyakit pada tubuh.

Berikut ini beberapa langkah cara memilih dan menyimpan telur yang baik dan benar sebelum diolah menjadi masakkan:
  • Jangan memilih telur yang kulitnya telah retak ataupun pecah. Karena telur dengan kondisi seperti ini sangat rentan terserang bakteri salmonella yang terdapat di sekitar cangkang telur.
  • Jika anda ingin menyimpan telur dalam jangka waktu lama, maka pilihlah telur yang memiliki cangkang yang berwarna lebih gelap dan tebal dibandingkan telur yang memiliki warna pucat dan bercangkang tipis.
  • Telur yang baik jika di guncang-guncang tidak bergerak isinya. Jika bergerak, itu tandanya kondisi telur sudah tidak baik lagi dan kadar pH nya telah menjadi basa.
  • Setelah membeli telur maka bersihkan telur dari kotoran yang menempel sebelum menyimpannya ke dalam kulkas. Jangan bersihkan telur dengan cara disikat, hal ini akan menyebabkan lapisan cangkang telur akan menjadi tipis dan rusak sehingga bakteri akan menjadi lebih mudah masuk.
  • Bersihkanlah telur dengan menggunakan sabun pembersih yang aman bagi bahan makanan dan spons yang lembut. Gosok perlahan-lahan lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lap.
  • Sebaiknya tidak membersihkan cangkang kulit telur di tempat pencucian piring hal ini dapat menbuat bakteri menempel pada kitchen sink. Buanglah air bekas mencuci telur ke luar rumah.
  • Simpanlah telur ditempat yang bersuh ruang taupun lemari es. Jika akan menyimpan dalam lemari es, maka letakkan bagian lancip kearah atas dan bagian tumpul kearah bawah. Jangan simpan telur lebih dari 2 minggu lamanya. 
  • Telur yang baik adalah jika dimasukkan kedalam gelas yang berii air maka akan tenggelam, dan jika di pecahkan akan terlihat perbedaan antara bagian putih yang kental dan yang cair.
Cara memilih dan menyimpan telur yang benar memang terkesan “ribet” dan memakan waktu. Namun jika hal ini dilakukan maka kebersihan bahan makanan anda akan terjaga sehingga peyakit yang disebabkan oleh bakteri akan dapat di hindari. Semoga tips memilih dan menyimpan telur ini bermanfaat bagi anda.

0 komentar:

Posting Komentar