Lezatkan harimu dengan menu istimewa....

Jamur Bumbu Kuning

Jamur tiram merupakan jamur pangan yang memiliki warna putih hingga krem dengan bentuk tudung setengah lingkaran mirip cangkang tiram. Jamur tiram merupakan makanan yang kaya akan protein, vitamin dan mineral, namun rendah karbohidrat, lemak dan kalori. Dalam jamur tiram memiliki
kandungan mineral zat besi dan kalsium serta berbagai macam vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin C dan Vitamin D. Lemak yang terdapat dalam jamur merupakan lemak tak jenuh sehingga aman jika dikonsumsi oleh mereka yang kelebihan kolesterol.
Karena banyaknya kandungan gizi yang ada dalam jamur tiram, membuat jamur ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Mengkonsumsi jamur tiram dapat menurunkan kadar kolesterol, sebagai anti bakteri dan antitumor. Bagi anda yang menyukai jenis pangan yang satu ini, tidak ada salahnya jika anda mencoba resep camilan jamur yang satu ini, Jamur Bumbu Kuning. Selain dapat dijadikan camilan, masakan ini juga cocok jika dimakan bersama nasi. Berikut ini resepnya:

Bahan:
400 gr jamur tiram, suwir-suwir
200 gr tepung terigu
Air secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Bumbu:
5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
5 btr kemiri
3 cm kunyit
1 sdt ketumbar sangrai
2 sdt garam halus

Cara Membuat:
  •  Haluskan semua bumbu-bumbu lalu masukkan kedalam wadah. Campurkan jamur tiram ke dalam bumbu yang telah dihaluskan tadi. Biarkan selama 15 menit agar bumbu meresap kedalam jamur.
  •  Diwadah yang berbeda, letakkan tepung terigu, lalu tambah sedikit air, aduk-aduk hingga menjadi adonan. Pastikan adonan tidak terlalu cair.
  • Panaskan minyak. Ambil segenggam jamur, agak peras sedikit, kemudian masukkan kedalam tepung.
  • Masukkan jamur kedalam minyak panas. Goreng hingga jamur berwarna kuning keemasan.
  • Angkat dan tiriskan. Letakkan dipiring saji. 
  • Jamur siap dihidangkan.

0 komentar:

Posting Komentar