Lezatkan harimu dengan menu istimewa....

Bebek Bakar Bumbu Balado Leunca


Leunca adalah tumbuhan yang termasuk dalam suku terong-terongan yang buahnya berwarna hijau dengan bentuk bulat kecil. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai sayuran lalapan dan juga bahan pengobatan. Walaupun bentuknya bulat dan kecil namun ternyata leunca memiliki manfaat yang
besar dan luar biasa. Kandungan senyawa yang dimilikinya seperti solasonine, solasidine, solamargine dan solanine membuat leunca mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Kali ini saya akan membagikan resep Bebek Bakar Bumbu Leunca, dimana pada resep ini leunca di masak dengan sambal balado ijo yang merupakan pelengkap dari hidangan bebek bakar. Sambal balado ijo adalah jenis sambal yang bertekstur kasar yang dibuat dari cabai dan tomat hijau. Cita rasa sambal ini mampu membuat lidah bergoyang. Ditambah lagi dengan bebek bakar yang gurih, membuat hidangan ini layak untuk anda coba dirumah. Selamat mencoba!!!

Bahan:
1 ekor bebek, potong menjadi beberapa bagian
2 sdm kecap manis
600 ml air

Bahan Untuk Melumuri Bebek:
5 siung bawang putih
1 sdm ketumbar, sangrai
3 cm kunyit
3 cm jahe
3 buah kemiri, sangrai
3 buah serai, ambil bagian putihnya, iris
1 dst garam halus
½ sdt gula pasir
3 lmbr daun salam
3 lbr daun jeruk

Bahan Bumbu Balado Leunca:
100 gr cabai hijau
5 buah bawang merah
4 siung bawang putih
5 buah tomat hijau, potong-potong
75 gr leunca
1 sdm air jeruk nipis
½ sdt garam halus
¼ sdt gula
2 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat:
  • Bebek Bakar: Haluskan semua bumbu-bumbu untuk melumuri bebek seperti: bawang putih, ketumbar,kunyit, jahe, kemiri, serai, garam halus dan gula.
  • Lumuri bebek dengan bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan daun jeruk dan daun salam. Lumuri hingga merata ke seluruh permukaan bebek.
  •  Masukkan bebek dan bumbu ke dalam wajan, lalu masak hingga berubah warna. Tambahkan air sedikit demi sedikit. Masak hingga bebek matang dan kuahnya menjadi mengental. Angkat.
  • Pukul-pukul bebek yang telah matang. Lalu panggang ke atas pemanggang yang telah dipanaskan sebelumnya. Sesekali olesi bebek dengan kecap manis dan sisa-sisa bumbu rebusan. Bolak balik agar bebek tidak gosong.
  • Panggang hingga bebek matang dan bumbu meresap.
  • Balado Leunca: Haluskan bawang merah dan bawang putih. Lalu secara terpisah giling kasar cabe hijau.
  •  Panaskan minyak untuk menumis, tumis bawang hingga harum, lalu tambahkan cabe hijau, potongan tomat, garam, gula dan leunca. Aduk-aduk hingga semua bahan matang dan tercampur rata.
  • Tambahkan air perasan jeruk nipis. Aduk rata. Lalu masukkan bebek, masak hingga  matang dan bumbu meresap kedalam bebek. Angkat.
  • Letakkan bebek diatas piring saji. Bebek bakar bumbu balado leunca siap dihidangkan.

0 komentar:

Posting Komentar