Lezatkan harimu dengan menu istimewa....

Es Pisang Hijau

Pisang adalah jenis buah yang sangat mudah di temukan di Indonesia. Buah ini banyak mengandung nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh. Didalam pisang terkandung beragam vitamin dan mineral, seperti : Vitamin A, Vitamin B, kalium, magnesium, fosfor, kalsium dan lain sebagainya. Pisang memiliki tekstur buah yang lembut dan terasa manis apabila telah masak. Tak salah jika jenis buah ini menjadi salah satu favorite buah masyarakat di Indonesia. Selain dimakan langsung, pisang juga sering diolah menjadi beragam masakan, salah satunya adalah Pisang Hijau. Makanan tradisional dari Makassar, Sulawesi Selatan ini memiliki cita rasa yang unik dan mampu membuat lidah anda bergoyang. Bagi anda yang yang ingin mencicipi masakan ini, anda tidak perlu repot-repot pergi Ke Makassar. Cukup membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkanpun sangat mudah ditemukan. Nah, Selamat mencoba resepnya...

Bahan Untuk Pisang:
4 bh pisang kepok
250 gr tepung beras
250 cc air
2 sdm sari daun suji
1 sdm sari daun pandan
garam secukupnya

Bahan Untuk Saus:
600 cc santan
50 gr tepung beras
1 sdm tepung sagu
2 lmbr daun pandan
gula pasir
garam secukupnya
sirup cocopandan, secukupnya
es keprok secukupnya

Persiapan:
Kukus pisang hingga matang, lalu kupas kulitnya setelah pisang dingin.

Cara Membuat:

Pisang Hijau:

  • Ambil 50 gr tepung beras lalu campur dengan sedikit garam, aduk hingga rata. Tambahkan air, air daun pandan dan air daun suji sedikit demi sedikit hingga tercampur rata.
  • Masak adonan diatas api kecil sambil terus diaduk-aduk hingga adonan mengental seperti bubur. Angkat dan sisihkan. Biarkan adonan menjadi dingin.
  • Tambahkan sisa tepung beras kedalam adonan bubur, lalu aduk dan uleni hingga menjadi adonan yang tak lengket di tangan. 
  • Ambil 2 hingga 3 sendok makan adonan, lalu tipiskan. Letakkan sebuah pisang diatasnya, bungkus pisang dengan adonan ini.
  • Panaskan kukusan, lalu kukus pisang hijau selama 30 menit, angkat dan biarkan dingin.

Saus:

  • Campur santan, tepung beras, tepung sagu, gula, daun pandan dan garam.
  • Masak diatas api sedang sambil aduk-aduk hingga mendidih dan menjadi adonan bubur. Angkat dan sisihkan.
  • Siapkan mangkuk saji, tempatkan bubur dan letakkan pisang hijau yang telah dipotong-potong. Siram dengan sirup merah.
  • Jika suka, tambahkan es keprok diatasnya. 

0 komentar:

Posting Komentar